SISTEM INFORMASI
Definisi
menurut Mc Leod Sistem Informasi merupakan sistem yang mempunyai kemampuan
untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media
untuk menampilkan informasi.
Menurut Tafri D. Muhyuzir Sistem Informasi adalah
data yang dikumpulkan, dikelompolkan dan diolah sedemikian rupa sehingga
menjadi satu kesatuan informasi yang saling terkait dan saling mendukung
sehingga menjadi suatu informasi yang
berharga bagi yang menerimanya.
Menurut Gordon B. Davis Sistem Informasi
adalah suatu sitem yang menerima masukan
data dan instruksi, mengelolah data tersebut
sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan hasilnya.
Jadi beberapa
definisi diatas dapat disimpulkan bahwa Sistem
Informasi adalah suatu sistem yang mempunyai kemampuan mengumpulkan data
dan informasi dari berbagai sumber sehingga menjadi satu kesatuan informasi
yang saling terkait dan saling mendukung untuk selanjutnya dikelolah sesuai
instruksi dengan menggunakan berbagai saluran media untuk menampilkan informasi
tersebut.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Definisi menurut Barry E.Cushing Sistem Informasi
Manajemen (SIM) adalah kumuplan dari manusia dan sumber daya modal di dalam
suatu organisasi yang bertangguang jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk
menghasilkan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen di dalam
kegiatan perencanaan dan pengendalian.
Menurut Frederick H. Wu Sistem Informasi
Manajemen adalah kumpulan dari sistem-sistem yang menyediakan informasi untuk
mendukung manajemen.
Menurut George M. Scott dalam buku
prinsip-prinsip SIM. Sistem Informasi Manajemen adalah serangkain sub sistem informasi yang
menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu
mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna
meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar
kriteria mutu yang telah ditetapkan.
Jadi beberapa
definisi diatas dapat disimpulkan bahwa Sistem
Informasi Manajemen (SIM) adalah kumpulan dari interaksi sistem-sistem
informasi yang menghasilkan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar